Ukuran Tiang Bendera Merah Putih yang Direkomendasikan

by
ukuran tiang bendera merah putih

Tipspoin.com – Memasang dan mengibarkan bendera merah putih harus tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus dipatuhi sebelum measang bendera. Salah satu hal yang penting adalah ukuran tiang bendera merah putih itu sendiri.

Pada perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus, masyarakat Indonesia wajib memasang atau mengibarkan bendera di depan rumah. Ada beberapa syarat yang wajib dipatuhi saat akan memasang bendera merah putih. Seperti tiang untuk mengibarkan bendera merah putih.

Sebenarnya sudah ada aturan ukuran tiang bendera yang direkomendasikan, semua itu tertulis dalam undang-undang. Nah untuk mengetahui berapa ukuran tiang bendera merah putih baik di kantor, dirumah, ataupun dilapangan, kita bisa simak artikel berikut ini.

Ukuran Tiang Bendera Merah Putih di Kantor dan di Rumah

ukuran tiang bendera merah putih di kantor dan di rumah

Mungkin sebagian orang tidak bertanya atau tidak peduli dengan ukuran tiang bendera di rumah. Karena kebanyakan dari masyarakat Indonesia sendiri asalkan ukuran tiang bendera sudah pas dan tidak kurang bahkan lebih sudah bisa untuk mengibarkan bendera.

Baca juga : 7 Hal yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Lain halnya jika orang kantoran bisanya mereka sudah tau berapa ukuran tiang bendera kantor. Nah oleh sebab itu disini mari kita bahas bersama sebenarnya berapa ukuran tiang bendera yang direkomendasikan menurut undang-undang.

1. Ukuran Tiang Bendera

Ukuran tiang bendera sendiri sudah di atur dalam pasal 13 Undang-undang Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan . Untuk ukuran tiang bendera dijelaskan bahwa sang saka merah putih harus dikibarkan atau dipasang pada tiang yang besar dan kokoh.

Maksudnya disini adalah pemilihan ukuran tiang bendera adalah kayu atau penyangga harus benar-benar kokoh dan kuat. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan lebar bendera yang dimiliki. Namun perlu kembali di ingat tiang harus benar-benar kokoh, tidak mudah dan lemah.

2. Tinggi Bendera

Untuk tinggi tiang bendera merah putih juga sudah diatar dalam Undang-ungang yaitu pasal 13 ayat (2) tentang tinggi tiang bendera merah putih tidak boleh terlalu tinggi atau rendah.

Maksudnya disini adalah saat memilih ukuran tiang bendera haruslah bijak. Harus sesuai tidak terlalu tinggi dan rendah. Banyak masyarakat yang belum tau dan kadang masih menggunakan ting yang rendah atau ketinggian dalam memilih ukuran tiang bendera depan rumah.

3. Mengikat Tiang Bendera

Bukan hanya ukuran dan tinggi tiang bendera merah putih saja yang di atur, namun cara mengikat bendera pada tiang juga ada aturannya. Hal itu tertuang pada Undang-undang Pasal 13 Ayat(3) tentang bendera harus dipasang dengan tali yang diikatkan pada sisi dalam kibaran.

Cara mengikat bendera ke tingnnya ini cukup gampang, hanya mengikat tali pada sisi dalam kibaran. Artinya pengikatan tali pada tiang harus kuat dan bisa dipastikan bendera bisa berkibar dengan sempurna.

4. Pemasangan dan Penurunan Bendera Merah Putih

Nah jika tadi kamu sudah mengetahui ukuran tiang bendera menurut peraturan undang-undang. Sekaran kita harus mengetahui proses pemasangan dan penurunan bendera.

Baca juga : 8 Situs Jual Beli Barang Bekas Online Terbaik dan Terpercaya

Ada dua aturan yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 24 tahun 2009. Yaitu peraturan pertama menerangkan bahwa pengibaran dan penurunan bendera merah putih tidak boleh menyentuh tanah, karena jika sampai menyentuh tanah itu bisa diartikan telah melecehkan simbol negara.

Peraturan kedua adalah pengibaran bendera memrah putih tidak boleh dilakukan apabila bendera rusak, kusut, dan kotor. Kamu harus mentaati aturan ini saat mengibarkan dan menurunkan bendera. Jika kamu melanggar hal ini bukan tidak mungkin akan dikenai sanksi berupa pidana.

Kesimpulan Mengenai Ukuran Tiang Bendera Merah Putih

Diatas kamu sudah membaca dan mengetahui ukuran ideal tiang bendera merah putih di rumah dan kantor. Meski memasang bendera di rumah, alangkah baiknya mengikuti aturan di atas mulai dari nomor 1 dampai 4. Ingat kita harus selalu hormat kepada simbol negara Indonesia, bukan karena benderanya tetapi karena jasa para pahlawan yang telah gugur memperebutkan negara Indonesia.

Sekian pembahasan kita, semoga artikel tentang ukuran tiang bendera merah putih di atas bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Referensi : Mastimon.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *