Penyebab dan Cara mengatasi Hp Mati/Restart Sendiri

by
cara mengatasi hp mati dan restart sendiri

Tipspoin.com – Sebuah barang elektronik jika digunakan terus menerus pasti akan mengalami yang namanya gangguan pada sistem. Layaknya Hp android pasti juga pernah mengalami masalah. Salah satu msalah yang sering dirasakan oleh user adalah Hp mati sendiri.

Bahkan tanpa digunakan tiba-tiba Hp mati atau restart sendiri. Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan bukan. Apalagi saat kamu sedang asik-asiknya beraktifitas menggunakan Hp kesayangan kamu dan mendapati hp restart sendiri.

Jika sudah seperti ini apakah apakah harus memberli Hp baru?. Kalau dianalisa mungkin ada penyebab hp android sering restart, mati sendiri, lag, atau macet saat digunakan. Mengingat masalah ini hampir terjadi di semua merek smartphone android seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, Lenovo, Oppo, dll. Nah untuk mengetahui kenapa hp tiba-tiba mati sendiri, dibawah ini admin ulsa penyebab Hp mati atau sering restart sendiri.

Inilah Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Sering Mati atau Restart Tiba-tiba

Banyak faktor bisa terjadi pada Hp yang sering mati sendiri, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

1. Cache Menumpuk atau Penuh

Pengguna smartphone android setiap harinya selalu disibukkan dengan yang namaya cache. File sampah hasil dari menjalankan aplikasi atau uninstall aplikasi akan menumpuk di memori dan menyebabkan berbagai gangguan sistem. Salah satunya bisa membuat Hp menjadi lemot dan ngelag saat kamu gunakan.

Ada dua cara untuk mengatasi hal ini pertama kamu bisa menggunakan aplikasi. Biasanya smartphone android masa kini sudah dilengkapi dengan pembersih cache. Fitur ini akan secara otomatis memberitahu bahwa file sampah sudah menumpuk.

Cara kedua yang bisa kamu gunakan adalah dengan langsung masuk ke setting aplikasinya. Masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi terinatall > Pilih aplikasi apa yang akan dihapus cachenya > Hapus data> Bersihkan Cache.

cara mengatasi hp mati dan restart sendiri

2. Eror Sistem operasi

Mungkin sebagian yang suka oprek android terutama root pernah mengakami hal ini. Penyebabnya dalah kamu mengupdate sistem operasi yang direkomendasikan pabrikan, padahal kamu sudah root Hp. Akibatnya Hp akan mengalami gagal sistem operasi atau update tidak sempurna.

Untuk mengatasinya kamu hanya perlu mengembalikan ke pengaturan pabrikan. Untuk semua Hp caranya hampir sama. Silahkan masuka ke menu pengaturan > Backup and reset > Factory data reset > Reset device.

Baca juga : Cara Mengatasi Hp Lag/Macet Saat Bermain Game

Namun harus kamu ingat mereset Hp dapat membuat semua data pada internal memori hilang/terhapus. Oleh sebab itu backup terlebih dahulu dat-data penting yang ada. Nah diharapkan dengan cara ini bisa mengatasi hp sering restart.

3. Aplikasi Tidak Terinstall Sempurna atau Rusak

Tak jarang aplikasi yang kita install tidak berjalan normal pada smartphone android. Dibanyak kasus karena sistem android tidak cocok sesuai yang direkomendasikan aplikasi. Dan jika dipaksakan akan mungkin aplikasi tetap terinstall, namun kamu akan merasakan keanehan yang tejadi seperti aplikasi tidak berjalan Normal.

Bahkan bisa menyebabkan Hp lag, lemot, kemudian aplikasi akan menutup sendiri. Hal terburuk lainnya bisa menyebabkan smartphone restart secara tiba-tiba.

Untuk mengatasinya kamu cukup menghapus aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah, silahkan klik dan tahan aplikasi > kemudian arahkan pada tulisan uninstall.

cara mengatasi hp mati dan restart sendiri

4. Terjadi Overload Sistem

Overload terjadi saat aplikasi yang berjalan sudah tidak dapat di handle lagi oleh sistem. Banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan akan sangat menguras RAM.

Bisa kita gambarkan, misalkan kamu adalah seorang pekerja bangunan, disana kamu harus mengurus semua pekerjaan dari mulai mengaduk semen, memasang bata, ini itu dan lain sebagainya pasti akan ribet bukan.

Nah itulah yang menyebabkan Hp tiba-tiba restart sendiri, karena untuk menghentikan beban kerja yang dirsakan oleh sistem android.

Untuk mengatasinya, kamu harus bijak dalam memanagement aplikasi apa saja yang akan mau gunakan. Jika ada aplikasi yang tidak penting-penting banget apalagi tidak pernah kamu gunakan, bisa di uninstall saja. Nah jika aplikasi tidak bisa di uninstall kamu bisa menggunakan cara uninstall aplikasi bawaan android.

5. Baterai Rusak

Smartphone yang sudah tua dan lama sekali digunakan, akan membuat baterai menjadi rusak. Alhasil saat kamu selesai charger padahal baterai kamu penuh 100%, namun saat kamu gunakan beberapa menit hp secara tiba-tiba mati sendiri.

Untuk mengatasi Hp mati sendiri karena baterai rusak, kamu bisa mengganti ke tukang service terdekat. Sekain itu kamu juga harus bisa merawat baterai Hp.

Akhir Kata

Hp yang restart sendiri memiliki beberapa sebab yang harus mengatasi Hp restart sendiri sesuai penyebabnya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk share artikel penyebab dan cara mengatasi Hp mati/restart sendiri ini ke semua orang, agar mereka juga mengetahui apa yang kamu ketahui.

Jika ada kritik dan saran untuk website tipspoin.com, kamu bisa berkomentar di bawah, atau langsung kontak admin di form kontak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *