11 Cara Mengatasi Hp Panas Saat di Cas

by
cara mengatasi hp panas saat di charger

Tipspoin.com – Seperti kita ketahui ponsel atau smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan primer. Smartphone juga harus dirawat agar tidak cepat rusak. Perawatan smartphone cukup mudah untuk dilakuan apabila kamu mengetahui caranya.

Salah satu masalah yang sering muncul adalah Hp panas saat di charger. Jika saat ini kamu memiliki maslah tersebut, sebaiknya harus ditangani. Bisa saja Hp yang kamu miliki mengalami kerusakan.

Ada banyak penyebab Hp panas saat di cas, salah satunya adalah menggunakan Hp saat sedang dalam kedaan di cas. Namun setiap smartphone bisa saja memiliki penyebab hp panas saat di charger yang berbeda.

Selain itu jika kamu menggunakan baterai dengan tipe Non-Removable atau sering kita kenal baterai tanam juga bisa mengalami masalah ini. Sebenarnya baik baterai tanam atau baterai yang bisa di lepas semua sama saja. Bagi kamu pengguna smartphone dengan baterai tanam, bisa juga simak cara mengatasi hp panas baterai tanam dibawah ini.

Solusi Mengatasi Hp Panas Saat di Cas

cara mengatasi hp panas saat di charger

Ada banyak solusi yang bisa saja kamu coba untuk mengatasi smartphone panas saat di cas. Di bawah ini sudah admin tangkumkan caranya, yang bisa kamu gunakan pada smartphone merek apa saja. Seperti mengatasi hp Oppo panas saat di cas.

1. Pastikan Kabel USB dan Adaptor Terpasang dengan Benar

Sering sekali kita lalai akan hal ini, padahal jika posisi aadptor dan kabel USb tidak terpasang dengan baik akan menghambat daya untuk masuk ke baterai.

Selain itu jika kamu memiliki masalah Hp di cas panas tapi tidak mengisi, bisa saja posisi kabel dan adaptor kurang tepat. Cobalah untuk mengecek apakah jack charger terpasang sempurna.

2. Matikan Data Seluler

Cara mengatasi hp panas saat di cas yang kedua adalah dengan ematikan data seluler. Hp panas saat data hidup adalah hal yang wajar, mengapa?. Karena meskipun smartphone tidak digunakan tapi data masih dinyalakan, aplikasi yang berjalan di latar belakang akan melakukan update.

Seperti aplikasi Facebook misalnya, setiap ada pemberitahuan pasti kamu akan menerimanya. Hp akan bekerja keras walaupun sedang tidak digunakan, bukan hanya panas namun bateria lama terisi penuh.

Jika sudah begini, kamu bisa menggunakan cara mengatasi baterai lama terisi penuh. Nah oleh karena itu sebaiknya jika sedang charger Hp alangkah baiknya jika mematikan data seluler.

3. Tutup Aplikasi yang Berjalan

Banyak dari pengguna smartphone sehabis membuka aplikasi pasti lupa untuk menutupnya. Aplikasi yang masih berjalan akan menguras daya baterai, selain baterai lama terisi, Hp juga akan panas karena proses yang berjalan.

Sebaiknya sbelum di charger Hp harus dalam kedaan tidak menjalankan aplikasi apa-apa.

4. Lepas Casing

Untuk melindungi Hp dari goresan pasti diperlukan casing tambahan. Tau ngak sih bahawa casing juga merupakan salah satau penyebab Hp menjadi panas saat di cas?.

Casing dibuat untuk melindungi smartphone dari benturan maupun goresan. Desainnya juga tertutup, oleh karena itu panas yang dikeluarkan smartphone akan tertahan.

Jika kamu menggunakan casing silikon, pasti akan sangat terasa panasnya. Jika hal ini terus dibiarkan, bisa mengakibatkan Hp meledak.

5. Jangan Gunakan Hp Saat di Charger

Charger Hp ketika sedang digunakan sebenarnya tidak disarankan. Daya yang seharusnya mengisi baterai akan terbagi ketika kamu mengoperasikan smartphone. Bukan hanya itu saja, jika dilakukan terus menerus akan mnyebabkan Hp panas.

6. Matikan Koneksi Bluetooth, WIFI, dan GPS

Sangat disarankan untuk mematikan koneksi Bluetooth, WIFI maupun GPS. Berbagai koneksi ini jika menyala tidak memakan daya yang sedikit. Akibatnya Hp menjadi panas akibat penanganan koneksi tersebut.

Baca juga : 8 Cara Cek Hp Oppo Asli Atau Palsu Sebelum Membeli

Selain itu koneksi terseut juga memiliki radiasi yang berbahay jika terus dinyalakan. Sebaiknya matikan saja jika tidak digunakan.

7. Terdapat Sumber Panas Dari Tempat Lain

Banyak penyebab Hp memanas saat di charger, salah satunya adalah sumber panas dari tempat lain. Pernahkan kamu meletakkan smartphone di atas televisi atau di dekat laptop.

Secara otomatis panas yang dihasilkan oleh perangkat televisi dan laptop akan menyebar ke smarphone kamu. Sebainya jauhkan dari perangkat-perangkat yang mengeluarkan panas. Selain itu cuaca yang panas bisa saja menyebabkan smartphone panas saat di charger.

8. Mengganti Baterai

Baterai yang rusak memiliki ciri-ciri ketika pabterai penuh dan digunakan sebentar saja sudah mati. Biasanya juga menyebabkan Hp jadi panas saat di charger. Jika sudah mengalami rusak baterai, segera ganti ke yang lebih baru. Jika tidak akan membahayakan smartphone.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Hp Tidak Ada Suara Saat Menelpon

9. Sinyal Buruk

Sinyal buruk juga penyebab Hp menjadi panas ketika di charger. Hp akan terus melakukan pencarian sinyal. Akibatnya baterai cepat habis dan panas di body smamrtphone.

10. Taruh Hp Ditempat yang Tidak Panas

Biasanya untuk mengatasi Hp menjadi panas saat di charger, admin selalu menempatkan di tempat yang dingin, misalnya keramik. Dengan begitu Hp tidak akan mengalami panas.

11. Mematikan Hp

Mungkin saja Hp yang kamu gunakan belum istirahan seharian, makanya saat kamu charger malah menyebabkan panas. Mematikan Hp ketika di cas juga sangat dianjurkan.

Kesimpulan Cara Mengatasi Hp Panas Saat di Cas

Kesimpualnnya untuk mengurangi panas pada Hp saat di charger adalah dengan melakukan tips dari satu sampai sepuluh yang sudah dijabarkan di atas. Lebih diutamakan untuk mematikan smartphone saat cas.

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi smartphone panas saat di cas, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Janganlupa untuk share dan jika ada solusi lain tentang hp panas bisa kamu tulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *