Cara Mengatasi Bootloop Hp Android dengan Mudah

by
cara mengatasi android bootloop

Tipspoin.com – Smartphone android kamu sering mengalami bootloop?, sebaiknya segera diatasi sob karena akan sangat berbahaya loh.

Nah buat kamu yang belum tau bootlop adalah kondisi saat smartphone hanya menampilkan logo sistem operasi atau vendor pembuat Hp, Layar smartphone akan menjadi gelap dan tidak bisa di apa-apakan. Bootloop disebabkan karena kegagalan sistem, atau tidak bisa masuk ke inti OS nya.

Jika kamu saat ini mengalami bootloop Hp android, sebaiknya jangan panik dulu atau membawanya ke tukang service. Kamu bisa memperbaikinya sendiri, oleh sebab itu simak uraian tentang cara mengatasi bootloop android.

Penyebab Bootloop pada Android

Sebelum memasuki pokok pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui penyebab smartphone android mengalami bootloop berikut ini.

  • Gagal melakukan Root, Jika kamu suka oprek android, pasti kamu pernah dong mengalami hal ini jika kamu gagal melakukan proses rooting.
  • Melakukan custom ROM
  • Install firmware yang sudah rusak
  • Install aplikasi pihak ketiga yang tidak terpercaya
  • Melakukan perubahan file sistem

Cara Mengatasi Hp Android Bootloop Terus

Jika Hp kamu mengalami bootloop, silahkan simak tutorial dibawah ini untuk mengatasi bootloop android.

1. Factory Reset

Cara mengatasi bootlop pada Hp android yang pertama adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini sangat ampuh akrena akan mengembalikan pengaturan ke OS bawaan.

Baca juga : Cara Mengatasi Hp Samsung Restart/Mati Sendiri

Namun untuk mengakses menu ini, tidak bisa seperti mengakses menu biasa, kamu harus menggunakan kode untuk masuk ke menu factory data reset. Setiap smartphone memiliki kodenya masing-masing. seperti contoh Xiaomi kamu bisa menekan tombol power + volume up, lain halnya dengan Oppo misalnya kamu harus menekan tombol volume down + power. Jadi sebelum itu kamu harus searching erlebih dahulu untuk mengetahuinya.

Jika sudah masuk ke menu factory reset langkah selanjutnya adalah memilih “Wipe data/factory reset” > “Yes” > “Delete All User Data“. Tunggu sampai roses selesai, kemudian “Reboot System Now“.

2. Wipe Cache Partition

Cara ini sangat ampuh jika android mengelami bootloop terus menerus. Caranya adalah kamu harus masuk ke menu “Recovery Mode“. Cara ini hanya bisa diakses dengan kode tombol, kamu bisa baca no 1 di atas.

Jika sudah masuk ke “Recovery Mode” kemudian pilih opsi “Wipe Cache Partition“, kemudian “Yes“.

3. Flashing ROM

kamu bisa menggunakan cara ini apabila tidak mau menggunakan cara di atas. Jika bootloop terjadi karena kegagalan penginstallan OS adan semacamnya, kamu bisa flashing ulang.

Baca juga : Cara Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri dengan Mudah

Untuk menggunakan cara ini kamu bisa menyiapkan beberapa peralatan berikut.

  • Kabel USB original.
  • PC atau laptop.
  • Stok ROM atau Firmware sesuai dengan tipe smartphone yang kamu punya.
  • Aplikasi flashing seperti MI Flash, Flash Tool, dan lain sebagainya.
  • Untuk caranya berbeda-beda sesuai dengan tool yang digunakan.

Akhir Kata

Demikianlah cara mengatasi bootloop pada Hp android yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga tutorial di atas dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini, dan jika ada komentar yang bersifat membangun bisa kamu sampaikan di kolom komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *