3 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di Android

by
cara mengatasi aplikasi tidak menganggapi

Tidak ada ponsel maupun aplikasi yang benar-benar sempurna di dunia ini, kadang ada saja masalah aplikasi tidak menanggapi. Entah masalah itu terjadi karena bug dari aplikasinya sendiri atau dikarenakan hardware android yang bermasalah.

Nah jika kamu mengalami konsisi seperti ini pastinya kamu akan kebingungan dan merasa kesal. Terlebih lagi saat kamu sedang asik-asiknya bermain game atau media sosials, tiba-tiba aplikasi tidak merespon dan not responding.

Sebenarnya ada penyebab dibalik aplikasi tidak menaggapi di android, kamu bisa simak berikut ini.

Penyebab Masalah Aplikasi Tidak Menaggapi

Jika android kamu mengalami masalah seperti ini, kemungkinan ada penyebab yang harus kamu hindari dan coba mengatasinya. Biasanya aplikasi akan behenti saat hardware tidak mampu lagi untuk menjalankan aplikasinya. Semisalnya RAM sudah penuh dan tidak bisa menampung banyaknya cache yang ada, atau mungkin kamu menjalankan aplikasi atau game dengan ukuran besar. Namun spesifikasi dari processor dan RAM tidak memadai, alhasil belum juga bertahan lama kamu membuka aplikasi tidak menanggapi.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti atau Error

Solusi Mengatasi Aplikasi Tidak Mengangapi

Untuk cara memperbaiki aplikasi tidak menanggapi, kamu bisa menggunakan cara mudah dibawah ini. Namun kembali lagi pada spesifikasi ya, jika kamu masih menggunakan Hp dengan spesifikasi yang rendah, kemungkinan berhasilnya juga minim.

Tapi kamu jangan khawatir, karena kita tidak akan tahu sebelum mencoba cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di android.

1. Membersihkan Cache Aplikasi

Langkah awal yang bisa kita lakukan adalah dengan menghapus cache aplikasi yang mengalami masalah. Misal aplikasi yang tidak merespon adalah aplikasi WhatsApp, kita bisa menuju menu “Pengaturan“, lalu cari “Aplikasi“, kemudian cari aplikasi yang error kemudian klik “Bersihkan Cache“. Setelah itu coba kembali jalankan aplikasinya.

2. Tutup Semua Aplikasi yang Berjalan

Biasanya aplikasi yang mengalami not responding karena RAM yang sudah penuh dan tidak ada space lagi. Maka dari itu untuk mengatasi aplikasi tertutup sendiri kamu bisa menutup semua aplikasi yang berjalan terlebih dahulu, lalu coba jalankan kembali aplikasi yang not responding tadi.

Baca juga : Membuat Logo Tulisan Keren dan Menarik dengan Cooltext Online

3. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Mungkin cara ini agak ekstrim ya, karena kamu harus mengembalikan ke pengaturan awal yang artinya semua file pada memori internal akan di format habis. Caranya cukup mudah, kamu bisa pergi ke menu “pengaturan“, lalu cari “Buat Cadangan dan Setel Ulang“, lalu “Kembalikan ke pengaturan pabrik“.

Bagaimana cukup mudah buka cara mengatasi aplikasi tidak menganggapi. Semoga dengan adanya tutorial ini bisa mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *