Cara Defrag Windows 10 Agar Hard Disk Awet

by
cara defrag windows

Ketika ruang penyumpanan mengalami masalah biasanya kamu akan mencari cara defrag windows 10. Defrag pada windows berfungsi untuk menjaga kesetabilan laptop/PC. Defragmenter juga berfungsi untuk memperbaiki bot sector di dalam hard disk maupun eror program.

Jadi jika ada yang mengalami eror program bahkan, laptop sering mati sendiri atau restart secara tiba-tiba. Bisa menggunakan cara defrag hard disk ini. Ada beberapa hal sebelum melakukan defrag pada windows yitu :

Defrag hanya untuk penyimpanan hard disk

Defragment hanya berlaku untuk penyimpanan hard disk, jik kamu menggunakan SSD tidak perlu melakukan derfrag. Sebab akan mengurangi masa pakai SSD tersebut.

Hal ini dikarenakan SSD tidak mengalami fermentasi. Oleh karena itu melakukan defrag pada SSD justru malah akan membuat SSD cepat rusak, soalnya SSD umuenya ditentukan oleh siklus tulis-hapus.

Defrag Mencegah Mencagah Bad Sector

Bad sector merupakan kerusakan yang terjadi pada hard disk. Bad sector ringan biasanya terjadi karena virus ataupun malware. Adapun bad sector secara physical terjadi karena benturan, overheat, maupun usia. Oleh karena itu agar kinerja harddisk dalam kondisi yang baik, disarankan untk melakukan defrag, minimal 1 bulan sekali.

Defrag Mampu Memperpanjang Usia Hard Disk

Jika hard disk selalu dirawat, maka umurnya akan lebih panjang. Umumnya masa pakai hard disk adalah 100 ribu jam, kurang lebih 11 tahun, jika di rawat dengan baik maka bukan tidak mungkin hard disk akan awet.

Cara Defrag Windows 10 Agar Hard Disk Semakin Awet

cara defrag windows 10

Bagaimana, kamu sudah tau bukan manfaat melakukan defrag pada komputer. Buat yang penasaran mau mencobanya, silahkan ikuti langkah di bawah ini.

Baca juga : Cara Membuat Akun GitHub

Defrag Tanpa Aplikasi

Pada windows sudah tersedia menu untuk melakukan defragment, dengan menggunakan ini kamu tidak perlu mendownload lagi aplikasi tambahan.

  • Pertama, buka File Explorer atau kamu bisa klik ctrl + E.
  • Kedua, klik kanan pada drive yang mau di defrag, misal di data D, silahkan klik kanan lalu klik Properties.
  • Ketiga, klik Tool, kemudian klik Optimize.
  • Keempat, pilih penyimpanan yang mau kamu defrag, pilih yang media type nya Hard Disk Drive.
  • Kelima, klik Analyze maka komputer akan menganalisa dulu kemudian kamu bisa menentukan apakah ingin melakukan defragmentasi atau tidak. Jika memilih Optimize komputer akan secara otomatis melakukan proses defrag.
  • Keenam, tunggu prosesnya sampai selesai. proses ini memakan waktu cukup lama.

Defrag Menggunakan Aplikasi Tambahan

Sebenarnya banyak kok aplikasi untuk defrag windows, salah satunya adalah CCleaner.

  • Pertama, download dulu aplikasi CCleaner.
  • Kedua, install dan buka aplikasinya kemudian pilih penyimpanan mana yang akan di defrag.
  • Ketiga, disana ada dua pilihan sama seperti windows ada Analyze dan Optimize.
  • Selebihnya, sama seperti di atas.

Baca juga : Cara Upgrade LinkAja ke Full Sevice

Demikianlah proses cara defrag windows 10 yang bisa kamu coba sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di tips dan trik beikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *